Sabtu, 06 Oktober 2012

Islam adalah Ideologi (Mabda')


Pernahkah anda mendengar orang perna menyebutkan kata Ideologi?
Apakah arti sebuah Ideologi?
Apakah menurut anda istilah ini adalah istilah asing jadi tidak layak digunakan untuk defenisi di dalam agama islam.
Jika anda memahami bahwa istilah ideologi adalah istilah yang tidak layak digunakan dalam bahasan agama Islam berarti anda berada pada tulisan yang tepat karena dalam tulisan ini akan dibahas terkait dengan ideologi itu.

Defenisi Ideologi.

Menurut wikipedia Ideologi adalah Ideologi kumpulan ide atau gagasan.
Menurut wikipedia Ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yg dijadikan asas pendapat (kejadian) yg memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.
Menurut Muhammad Ismail dalam bukunya Al Fikru Al Islamiy, menyatakan bahwa idelogi (mabda’) merupakan ‘aqidah ‘aqliyyah yanbatsiqu ‘anha an nizham. Artinya; ‘aqidah ‘aqliyyah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan (nizham).

Menurut hemat saya defenisi ideologi yang sempurna dan paling tepat adalah defenisi yang terakhir yakni yang didefenisikan oleh Muhammad Ismail. Menurut definisi yang beliau tuliskan, nampak bahwa sesuatu disebut ideologi bila memiliki dua syarat, yaitu memiliki ‘aqidah ‘aqliyyah sebagai fikroh (ide) dan memiliki sistem (aturan) sebagai thariqah (metode penerapan). Bila tidak memiliki kedua hal tersebut, maka tidak bisa dikatakan sebagai ideologi.

Jenis - Jenis Ideologi

Karena Syarat utama Ideologi harus memiliki ide (fikroh) dan metode (thoriqoh) maka ideologi di dunia ini hanya ada 3 :

1. Ideologi Kapitalisme.

Ideologi kapitalisme adalah ideologi yang berasal dari eropa, Kelahiranya disebabkan karena adanya penindasan kaum gereja terhadap rakyat, kaum gereja acap kali menjadikan nama tuhan untuk mengambil semua kebijakanya. kebijakan tersebut sering sekali merugikan banyak rakyat, seperti pengambilan pajak terhadap rakyat mereka gunakan nama tuhan, untuk menentukan ilmu pengetahuan kaum gereja juga mengatasnamakan tuhan, hal itu tersu terjadi sehingga rakyat banyak yang menderita dan akhirnya kebijakan gereja dilawan oleh rakyat yang menyebabkan kaum gereja dilarang untuk mengatur urusan dunia, kaum gereja hanya mengatur urusan gereja saja. ide seperti ini kemudian melahirkan sebuah ide dasar yakni Sekulerisme yaitu pemisahan antara kehidupan dan agama. ini lah ide (Fikroh) kapitalisme.
Karena Ide dasarnya adalah Sekulerime sehingga seluruh perbuatan manusia tidak lagi diatur oleh tuhan melainkan diatur sebebas-bebasnya oleh manusia sehingga dikenal pula adanya kebebasan(Freedom). inilah yang menjadi metode ideologi ini untuk berbuat, ideologi ini berbuat sekehendak manusia tidak lagi mementingkan apa dan bagaimana yang penting manusianya maju dan sejahtera, tak perduli manusia yang lain maju atau tidak, sehingga mereka juga bebas untuk menjajah seluruh negeri-negeri yang ada di dunia, mereka sungguh serakah karena kebebasan mereka. itulah Kapitalisme yang menjadi Ideologi terkuat di zaman sekarang, ideologi ini dipimpin oleh Amerika dan negara-negara sekutunya.

2. Ideologi Sosialisme - Komunisme

Semenjak lahirnya ideologi kapitalis ini maka seluruh manusia benar - benar dalam kebebasan, seluruh manusia bertindak sekehendak mereka tanpa memperdulikan tuhan. sehingga di benak manusia benar - benar ada sebuah pemahaman bahwa mengapa tuhan diam saja padahal aturanya tidak digunakan, bahkan mereka menganggap tuhan benar - benar tidak ada. ide ini lah yang menjadi ide dasar dari ideologi ini yakni tuhan tidak ada dan manusia itu ada dengan sendirinya karena manusia adalah materi sehingga sama dengan materi yang lain yang ada dengan sendirinya. ide ini lah yang menjadi ide (Fikroh) komunis.
sementara metode (thoriqoh) nya tidak jauh berbeda dengan kapitalisme.
ideologi ini tidak ada lagi dalam bentuk negara, tidak seperti kapitalis yang di emban oleh amerika, karena ideologi komunis sudah hancur pada tahun 1991 pada saat itu yang mengembanya adalah uni sovyet (rusia) yang di hancurkan oleh Amerika, tapi ideologi ini tidak akan mati sekalipun Negaranya, pengembanya sudah mati dan hancur. Suatu saat ideologi ini bisa saja bangkit kembali jika diperjuangkan oleh orang yang bersgungguh-sungguh sekalipun ideologi ini adalah ideologi sesat layaknya kapitalisme.

3. Ideologi Islam


Islam merupakan ajaran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat jibril yang berfungsi untuk mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan manusia lain. inilah Islam yang sempurna itu.
kesempurnaanya juga meliputi Ide (Fikroh) dan metode (Thoriqoh).
ini lah yang dikatakan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surat Al Maidah ayat 3 :
Ayat di atas menjadi bukti akan kesempurnaan Islam, sehingga tidak ada lagi alasan manusia untuk tidak setuju untuk mengatakan bahwa islam adalah sebuah ideologi.

“Hari ini telah Aku sempurnakan agama kamu dan telah Aku cukupkan nikmatKu untukmu, serta Aku ridlai Islam sebagai agama bagimu.”(QS Al Maidah: 3)


Perbandingan Ideologi


No
Perihal
Islam
Kapitalisme
Sosialisme-Komunisme
1
Sumber
Wahyu Allah SWT  kepada Rasulullah SAW
Buatan akal manusia  yang memang
terbatas
Buatan akal manusia yang memang terbatas
2
Dasar qiyadah fikriyah
La ilaha illallah; menyatukan antara hukum Allah SWT dengan kehidupan
Sekularisme; memisahkan  agama dari  kehidupan masyarakat dan negara
Materialisme dan evolusi, menolak keberadaan agama
3
Kesesuaian dengan fitrah (dalam hal ini adanya manusia  yang lemah dan perlu pencipta yang Maha Mengatur)
Sesuai. Islam menetapkan manusia itu lemah. Oleh sebab itu, segala aturan apa pun harus berasal dari Allah SWT lewat wahyu-Nya.
Tidak sesuai. Sebab, disatu sisi mengakui keberadaan ‘Tuhan’ namun pada saat yang sama manusialah yang dianggap layak dan tidak punya kekurangan untuk menetapkan aturan.
Tidak sesuai. Sebab tidak percaya adanya Pencipta. Manusia dianggap pusat segalanya.
4
Pembuat Hukum dan Aturan
Allah SWT lewat wahyu-Nya. Akal manusia  berfungsi menggali fakta dan mamahami hukum dari wahyu.
Manusia
Manusia

5
Fokus
Individu merupakan salah satu anggota masyakat. Individu diperhatikan demi  kebaikan masyarakat, dan masyarakat diperhatikan untuk kebaikan individu
Individu di  atas segalanya. Masyarakat adalah kumpulan individu individu saja.
Negara di atas segalanya. Individu merupakan salah satu gigi roda dalam roda masyarakat yang berupa sumber daya alam, manusia, barang produksi dan lain-lain.
6
Ikatan perbuatan
Seluruh perbuatan terikan dengan hukum syara’. Perbuatan baru bebas dilakukan bila sesuai dengan hukum syara’
Serba bebas (liberalisme) dalam masalah ‘aqidah, pendapat, pemilikan dan kebebasan pribadi
Tidak ada kebebasan dalam ‘aqidah dan pemilikan. Dalam perbuatan bebas
7.
Tujuan tertinggi yang hendak dicapai
Ditetapkan oleh Allah SWT seperti telah dibahas
Ditetapkan manusia sesuai kondisi
Ditetapkan manusia sesuai kondisi
8.
Tolok ukur kebahagiaan
Mencapai ridla Allah SWT yang terletak dalam ketaatannya dalam setiap perbuatan
Meraih sebanyak–banyak materi (berupa pangkat, kedudukan, pujian dll.)
Meraih sebanyak–banyak materi (berupa pangkat, kedudukan, pujian dll.)
9.
Kebebasan pribadi dalam berbuat
Distandarisasi  oleh hukum syara’. Bila sesuai bebas dilakukan, bila tidak maka tidak boleh dilakukan
Mendewakan kebebasan pribadi demi meraih kebahagiaan yang mereka definisikan
Mendewakan kebebasan pribadi demi meraih kebahagiaan yang mereka definisikan
10.
Pandangan terhadap masyarakat
Masyarakat merupakan kumpulan individu yang memiliiki  perasaan dan pemikiran yang satu serta diatur oleh hukum yang sama.
Masyarakat merupakan kumpulan individu-individu.
Masyarakat merupakan kumpulan dan kesatuan manusia, alam dan interaksinya dengan alam
11.
Dasar Perekonomian
Setiap orang bebas menjalankan perekonomian dengan membatasi sebab pemilikan  dan jenis pemiliknya. Sedangkan jumlah kekayaan yang boleh dimiliki tidak dibatasi.
Ekonomi berada di tangan para pemilik modal. Setiap orang bebas menempuh cara apa saja. Tidak dikenal sebab-sebab pemilikan. Jumlahnya pun bebas dimiliki tanpa batasan.
Ekonomi di tangan negara. Tidak ada sebab pemilikan, semua orang boleh mencari kekayaan dengan cara apa pun. Namun jumlah kekayaan yang boleh dimiliki dibatasi.
12.
Kemunculan sistem aturan
Allah telah  menjadikan bagi manusia sistem aturan untuk dijalankan dalam kehidupan yang diturunkan pada nabi Muhammad SAW . Manusia hanya memahami permasalahan, lalu menggali hukum dari Al Qur’an dan As Sunah.
Manusia membuat hukum bagi dirinya berdasar fakta yang dilihatnya
Sistem aturan diambil dari alat-alat produksi
13.
Tolok ukur
Halal - haram
Manfaat kekinian
Tolok ukur materi
14
Penerapan hukum
Atas dasar ketaqwaan individu, kontrol masyarakat dan penerapan dari  masyarakat
Terserah individu
Tangan besi dari negara



9 komentar:

  1. Salam tuan, idealogi itu tercipta dr fikiran manusia, sama seperti idealogi2 yg sesat, maka amat tidak sesuai untuk kita letakkan islam itu ialah idealogi kerana Islam bukan dtg melalui pemikiran islam tp melalui wahyu dr Allah... mohon komen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukankah dalam wahyu tersebut terkandung pemikiran? Yaitu pemikiran tentang manusia, hidup, dan alam semesta, serta hubungan antara ketiganya dengan kehidupan sebelum dan sesuadah kehidupan dunia. Inilah yang biasanya disebut dengan akidah.

      Hapus
  2. Ideologi islam itu:
    AL QUR`AN DAN ASSUNNAH. TITIK
    Menurut ane islam itu sendiri adalah dasar ideologi. gk perlu jauh-jauh. فإن تنازعتم في شئ فردّوه ... lanjutkan tuh ayat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. al quran dan sunnah titik???
      terus IJMA', QIYAS, ISTIHSAN, MASLAHAH MURSALAH, URF DLL MAU DIKEMANAKAN?????

      Hapus
  3. Syukron atas sharingnya yg bermanfaat.

    BalasHapus
  4. aslim taslam, ambillah islam maka kamu akan selamat
    mantap, terimakasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  5. aslim taslam, ambillah islam maka kamu akan selamat
    mantap, terimakasih atas pencerahannya

    BalasHapus

 

Copyright 2012 Islamic Ideologis | Powered by blogger.com | Kebijakan Privasi | Design by Islamic Ideologis | Published by Habib